Hubungan titik embun dengan kenyamanan manusia

Hubungan titik embun dengan kenyamanan manusia

titik embun

Hubungan titik embun dengan kenyamanan manusia

Setelah saya cari-cari , pengaruh apa yang di timbulkan oleh titik embun untuk kenyamanan manusia . Akhirnya saya menemukan di wikipedia dot org , ternyata titik embun juga sangat berpengaruh untuk kesehatan manusia , monggoh di simak ^_^

Ketika suhu udara tinggi, tubuh termoregulasi menggunakan penguapan keringat untuk mendinginkan, dengan efek pendinginan langsung berkaitan dengan seberapa cepat keringat menguap. Tingkat di mana keringat dapat menguap tergantung pada seberapa banyak kelembaban di udara dan berapa banyak kelembaban udara dapat terus. Jika udara sudah jenuh dengan uap air, keringat tidak akan menguap. Sistem pendingin tubuh akan memproduksi keringat dalam upaya untuk menjaga tubuh pada suhu normal bahkan ketika tingkat ini memproduksi keringat melebihi tingkat penguapan. Jadi, bahkan tanpa menghasilkan tambahan panas tubuh dengan berolahraga, seseorang dapat menjadi dilapisi dengan keringat pada hari-hari lembab. Ini adalah keringat unevaporated yang cenderung membuat orang merasa tidak nyaman dalam cuaca lembab.

Seperti udara sekitar tubuh seseorang dipanaskan oleh panas tubuh, maka akan naik dan digantikan dengan udara lainnya. Jika udara menjauh dari tubuh seseorang dengan angin alami atau kipas angin, keringat akan menguap lebih cepat, membuat keringat lebih efektif mendinginkan tubuh. Keringat lebih unevaporated, semakin besar ketidaknyamanan.

Sebuah bola termometer basah juga menggunakan pendinginan evaporative , sehingga memberikan analog yang baik untuk digunakan dalam mengevaluasi tingkat kenyamanan.

Ketidaknyamanan juga ada ketika titik embun rendah (di bawah sekitar -30 ° C (-22 ° F)). The kering udara bisa menyebabkan kulit retak dan menjadi lebih mudah teriritasi. Ini juga akan mengeringkan jalan pernapasan. OSHA merekomendasikan udara dalam ruangan dapat dipertahankan pada 20-24,5 ° C (68,0-76,1 ° F) dengan kelembaban relatif 20-60% (titik embun dari -4.5 menjadi 15,5 ° C (23,9 untuk 59,9 ° F)). [3]

Embun poin lebih rendah, kurang dari 10 ° C (50 ° F), berkorelasi dengan suhu lingkungan yang lebih rendah dan tubuh memerlukan sedikit pendinginan. Sebuah titik embun yang lebih rendah dapat pergi bersama dengan suhu yang tinggi hanya pada kelembaban relatif sangat rendah (lihat grafik di bawah), yang memungkinkan untuk pendinginan yang relatif efektif.

Mereka terbiasa dengan iklim kontinental sering mulai merasa tidak nyaman ketika titik embun mencapai antara 15 sampai 20 ° C (59 ° F dan 68). Sebagian besar penduduk daerah ini akan mempertimbangkan poin embun di atas 21 ° C (70 ° F) menindas.

 

Hubungan titik embun dengan kenyamanan manusia

 

Suhu mencairPersepsi manusia [1]Kelembaban relatif pada 32 ° C (90 ° F)
Lebih dari 26 ° CLebih dari 80 ° FParah tinggi. Bahkan mematikan untuk asma penyakit terkait65% dan lebih tinggi
24-26 ° C75-80 ° FSangat tidak nyaman, cukup menindas62%
21-24 ° C70-74 ° FSangat lembab, cukup nyaman52-60%
18-21 ° C65-69 ° FAgak tidak nyaman bagi kebanyakan orang di tepi atas44-52%
16-18 ° C60-64 ° FOK untuk sebagian besar, tapi semua merasakan kelembaban di tepi atas37-46%
13-16 ° C55-59 ° FNyaman38-41%
10-12 ° C50-54 ° FSangat nyaman31-37%
Di bawah 10 ° CDi bawah 50 ° FSedikit kering selama beberapa30%