Pengukur Kesadahan Air YD300

Category:


Hubungi Kami Sekarang
Produk Berkualitas
Order via Telp / SMS 085795793793
Perlindungan Pembeli

Garansi Replacement bulan pertama
Garansi Full Service 1 tahun *(Syarat & Ketentuan Berlaku)

Description

Pengukur Kesadahan Air YD300

yd300

Pengukur Kesadahan Air YD300

 

Kesadahan air dapat bervariasi dari satu tempat ke tempat dan merupakan faktor penting ketika digunakan dalam berbagai aplikasi industri dan laboratorium. Kekerasan dalam air adalah konsentrasi total ion kalsium (Ca2 +) dan ion magnesium (Mg2 +), yang merupakan indeks penting untuk kualitas air. Gunakan meter ini yang mengadopsi metode elektroda untuk menganalisis kekerasan dalam air dengan akurasi yang sama dengan metode titrasi EDTA.
Ini adalah instrumen yang sangat dikembangkan untuk penggunaan analisis dalam pengujian dan laboratorium penelitian di seluruh dunia. Unit ini mampu mengukur kesadahan total dan konsentrasi ion dengan akurasi yang unggul.
Air sadah sementara adalah air sadah yang mengandung ion bikarbonat (HCO3-), atau boleh jadi air tersebut mengandung senyawa kalsium bikarbonat (Ca(HCO3)2) dan atau magnesium bikarbonat (Mg(HCO3)2). Air yang mengandung ion atau senyawa-senyawa tersebut disebut air sadah sementara karena kesadahannya dapat dihilangkan dengan pemanasan air, sehingga air tersebut terbebas dari ion Ca2+ dan atau Mg2+. Dengan jalan pemanasan senyawa-senyawa tersebut akan mengendap pada dasar ketel. Reaksi yang terjadi adalah : Ca(HCO3)2 (aq) –> CaCO3 (s) + H2O (l) + CO2 (g)

Air sadah tetap adalah air sadah yang mengadung anion selain ion bikarbonat, misalnya dapat berupa ion Cl-, NO3- dan SO42-. Berarti senyawa yang terlarut boleh jadi berupa kalsium klorida (CaCl2), kalsium nitrat (Ca(NO3)2), kalsium sulfat (CaSO4), magnesium klorida (MgCl2), magnesium nitrat (Mg(NO3)2), dan magnesium sulfat (MgSO4). Air yang mengandung senyawa-senyawa tersebut disebut air sadah tetap, karena kesadahannya tidak bisa dihilangkan hanya dengan cara pemanasan. Untuk membebaskan air tersebut dari kesadahan, harus dilakukan dengan cara kimia, yaitu dengan mereaksikan air tersebut dengan zat-zat kimia tertentu. Pereaksi yang digunakan adalah larutan karbonat, yaitu Na2CO3 (aq) atau K2CO3 (aq). Penambahan larutan karbonat dimaksudkan untuk mengendapkan ion Ca2+ dan atau Mg2+. CaCl2 (aq) + Na2CO3 (aq) –> CaCO3 (s) + 2NaCl (aq) Mg(NO3)2 (aq) + K2CO3 (aq) –> MgCO3 (s) + 2KNO3 (aq) Dengan terbentuknya endapan CaCO3 atau MgCO3 berarti air tersebut telah terbebas dari ion Ca2+ atau Mg2+ atau dengan kata lain air tersebut telah terbebas dari kesadahan.

Spesifikasi

Portabel Air Kekerasan meter

Meteran portabel untuk pengukuran air kekerasan dengan metode pengukuran elektroda, cocok di lapangan dan di situs.

Pengukur Kesadahan Air YD300

Fitur
1. Meteran Portable untuk pengukuran kesadahan air (konsentrasi total ion kalsium dan ion magnesium).
2. Elektroda mengadopsi Model 601-F kesadahan air kombinasi elektroda dengan struktur paten. Ini terdiri dari elektroda pengukuran, elektroda referensi dan probe temperatur. Kepala diganti pengukuran, potensi stabil, respon yang cepat, mudah digunakan.
3. Meter mengadopsi desain chip yang cerdas, kalibrasi otomatis, kompensasi suhu otomatis, tampilan waktu, penyimpanan data, layar tegangan rendah, dll
4 Kemampuan untuk beralih di antara delapan unit:. Mmol / L, mg / L (CaCO3), mg / L (CaO), mmol / L (Boiler), mg / L (Ca). Tiga pilihan dari tiga unit: º FH (Prancis), º dH (Jerman) dan º eH (UK) dari perangkat lunak komunikasi WH-Link.
5. Dilengkapi dengan B1, B2 dan B3 solusi kalibrasi.
6. IP57 rating tahan air, dilengkapi dengan kasus portabel, solusi kalibrasi dan aksesoris lainnya.

Spesifikasi :

  1. 0 ~ 10mmol / L; 0 ~ 401mg / L (Ca); 0 ~ 1000mg / L (CaCO3); 0 ~ 100 º FH (France Degree); 0 ~ 561mg / L (CaO); 0 ~ 56 º dH (Degree Jerman); 0 ~ 20mmol / L (Boiler); 0 ~ 70 º eH (Inggris Degree)
  2. Suhu: 0 ~ 60,0 ℃
  3. Resolusi: Kekerasan: 0.01/0.1; Temp: 0.1 ℃
  4. Akurasi: Kekerasan: ± 5% FS; Temp: ± 0,5 ℃
  5. ATC: 5 ~ 50 ℃
  6. Data Memory: 99 kelompok
  7. Buffer: B1: 2.00 × 10-2 mmol / L
  8. B2: 2.00 × 10-1 mmol / L
  9. B3: 2.00 mmol / L

 

Air sadah tidak begitu berbahaya untuk diminum, namun dapat menyebabkan beberapa masalah. Air sadah dapat menyebabkan pengendapan mineral, yang menyumbat saluran pipa dan keran. Air sadah juga menyebabkan pemborosan sabun di rumah tangga, dan air sadah yang bercampur sabun tidak dapat membentuk busa, tetapi malah membentuk gumpalan soap scum (sampah sabun) yang sukar dihilangkan. Efek ini timbul karena ion 2+ menghancurkan sifat surfaktan dari sabun dengan membentuk endapan padat (sampah sabun tersebut). Komponen utama dari sampah tersebut adalah kalsium stearat, yang muncul dari stearat natrium, komponen utama dari sabun: 2 C17H35COO- + Ca2+ → (C17H35COO)2Ca

Dalam industri, kesadahan air yang digunakan diawasi dengan ketat untuk mencegah kerugian. Pada industri yang menggunakan ketel uap, air yang digunakan harus terbebas dari kesadahan. Hal ini dikarenakan kalsium dan magnesium karbonat cenderung mengendap pada permukaan pipa dan permukaan penukar panas. Presipitasi (pembentukan padatan tak larut) ini terutama disebabkan oleh dekomposisi termal ion bikarbonat, tetapi bisa juga terjadi sampai batas tertentu walaupun tanpa adanya ion tersebut. Penumpukan endapan ini dapat mengakibatkan terhambatnya aliran air di dalam pipa. Dalam ketel uap, endapan mengganggu aliran panas ke dalam air, mengurangi efisiensi pemanasan dan memungkinkan komponen logam ketel uap terlalu panas. Dalam sistem bertekanan, panas berlebih ini dapat menyebabkan kegagalan ketel uap. Kerusakan yang disebabkan oleh endapan kalsium karbonat bervariasi tergantung pada bentuk kristal, misalnya, kalsit atau aragonit.