Perlengkapan Alat Uji Kualitas Air

Perlengkapan Alat Uji Kualitas Air

how to select water quality testing instrumentshow to select water quality testing instrumentshow to select water quality testing instruments

Perlengkapan Alat Uji Kualitas Air

Alat uji kualitas air yang digunakan untuk menguji air untuk bahan kimia dan biologi, dan untuk mengukur variabel seperti kejelasan dan tingkat gerakan. Instrumen ini menyediakan alat standar yang dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber air. Alat uji kualitas air dapat memonitor suhu air, oksigen terlarut, pH, konduktivitas, konsentrasi nitrogen / fosfor, kekeruhan, makroinvertebrata, dan tingkat pestisida dan bahan kimia beracun.

Jenis Pengukuran Kualitas Air Pengujian

Alat uji kualitas air dapat digunakan untuk menguji berbagai kondisi dalam sampel air. Pengukuran ini meliputi:

how to select water quality testing instruments

  • Analisis tingkat antarmuka dirancang untuk mendeteksi tingkat antarmuka minyak dan air.
  • Minyak di monitor air dirancang untuk mengukur jumlah minyak dalam air.
  • Potensi hidrogen (pH) instrumen mengukur tingkat pH. pH sangat penting untuk tumbuh-tumbuhan dan tanaman hidup dalam badan air. pH dapat bervariasi setiap hari dan antara musim karena fotosintesis tanaman. Mengkontaminasi dari sumber lain, seperti drainase tambang, hujan asam, atau tumpahan bahan kimia juga bisa menyebabkan perubahan drastis dalam tingkat pH. Alat uji kualitas air menggunakan elektroda dengan arus listrik kecil untuk melalui sampel air. Ketika direndam dalam air, elektroda mengembangkan potensial listrik yang terkait dengan pH larutan. Sebuah persimpangan tersumbat atau kotor merupakan sumber umum dari kesalahan pengukuran.

how to select water quality testing instruments

Perlengkapan Alat Uji Kualitas Air

  • Alat uji kualitas air voltametri bervariasi potensial listrik sementara mengukur arus yang dihasilkan , yang dapat digunakan untuk menentukan kimia medium melakukan . Perangkat menggunakan baik anodik voltametri stripping atau katodik stripping voltametri .
  • Konduktivitas / padatan terlarut – Konduktivitas adalah ukuran dari kemampuan air untuk melakukan arus listrik . Konduktivitas ditentukan oleh suhu air dan konsentrasi garam terlarut atau zat lain yang dapat membawa muatan listrik . Meskipun tidak ada standar kualitas air untuk konduktivitas , dapat menjadi alat diagnostik yang berguna untuk menafsirkan informasi kualitas air lainnya . Hal ini diukur dengan meteran dan dilaporkan menggunakan satuan yang disebut micromhos / sentimeter ( mhos / cm ) . Konduktivitas meter adalah pabrik dikalibrasi , tetapi harus diuji secara berkala untuk keakuratan dalam larutan garam standar.
  • Kekeruhan / padatan tersuspensi – Kekeruhan didefinisikan sebagai properti optik dari sampel yang menyebabkan cahaya yang akan tersebar dan diserap . Kualitas ini bervariasi dengan jumlah dan ukuran partikel hadir dalam kolom air . Kekeruhan relatif mudah dan murah untuk mengukur dan sering dasar untuk standar kualitas air . Hal ini dapat dikorelasikan dengan sedimen layang secara spesifik . Kekeruhan dapat membantu memantau kecenderungan dasar serta efek dari proyek tertentu pada kualitas air . Instrumen yang mengukur mengukur kekeruhan pencar cahaya dan melakukan yang lebih baik untuk kekeruhan tinggi dan rendah .

how to select water quality testing instruments

  • Oksigen terlarut Oksigen terlarut ( DO ) mengacu pada jumlah oksigen dalam air pada suhu tertentu dan tekanan atmosfer tertentu . Sejak DO sangat penting bagi masyarakat biologis seluruh itu adalah salah satu parameter prinsip digunakan untuk mengukur kualitas air . DO biasanya diukur dalam bagian per juta ( ppm ) . Air biasanya dapat lubang lebih oksigen terlarut pada suhu lebih rendah dari pada suhu tinggi . Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengukur DO dalam sampel air . Meskipun DO meter dapat digunakan , pengukuran paling akurat berasal dari metode Winkler titrasi . Waktu sampel merupakan faktor penting dalam pengujian tingkat oksigen terlarut . Kebutuhan oksigen biologis ( BOD ) dapat berubah karena masukan besar bahan organik dan oksigen oleh sumber lain yang terjadi pada waktu tertentu hari tahun . BOD adalah ukuran dari jumlah oksigen yang dikonsumsi dalam proses biologi yang memecah bahan organik dalam air . Semakin besar BOD , kurang oksigen yang tersedia untuk keperluan biologis lainnya .
  • Karbon dioksida terlarut – Karbon dioksida merupakan asam yang dapat mempengaruhi tingkat pH dalam sampel air . Tingkat karbon dioksida terlarut biasanya bervariasi sepanjang perjalanan hari karena semua organisme air menghasilkan karbon dioksida melalui metabolisme normal makanan . Tingkat karbon dioksida yang terendah sebelum matahari terbit dan tertinggi pada malam hari .
  • Pigmen klorofil / alga – Klorofil adalah pigmen hijau dalam tumbuhan yang menyediakan sebagian besar warna tanaman dan mendukung proses fotosintesis . Klorofil ditemukan dalam sitoplasma ganggang biru – hijau dan kloroplas sel tumbuhan . Biasanya , klorofil mendominasi lebih dari pigmen fotosintesis lainnya dan dengan demikian sangat penting dalam perangkap energi matahari untuk proses pertumbuhan alga . Klorofil menyerap cahaya dari daerah merah dan biru dari spektrum cahaya . Sejak lampu hijau tercermin daripada diserap , klorofil tanaman memberikan warna hijau karakteristik mereka .

Jika Anda membutuhkan alat-alat yang digunakan untuk mengukur maupun menguji kualitas air, Anda dapat mengunjungi halaman kategori alat uji kualitas air.