Pentingnya mengetahui kecepatan angin

Pentingnya mengetahui kecepatan angin

angin

 

Pentingnya mengetahui kecepatan angin

Kecepatan angin merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk di ketahui oleh masyarakat sebelum melakukan aktivitas apalagi untuk aktivitas yang benar-benar memerlukan pemantauan cuaca dan arah angin seperti pesawat terbang, demi keamanan dan keselamatan . Bukan hanya untuk penerbangan saja , kecepatan angin juga perlu di ketahui seperti berbagai bidang di bawah ini :

# BIDANG PERHUBUNGAN
Kecepatan angin sangat mempengaruhi kelancaran jalur penerbangan. Selain kecepatan angin, faktor cuaca dan iklim juga berperan dalam bidang perhubungan terutama untuk transportasi. Selain mempengaruhi kelancaran jalur penerbangan, kecepatan angin juga sangta berpengaruh pada transportasi laut.
# BIDANG TELEKOMUNIKASI
Selain faktor iklim dan cuaca, kecepatan angin juga berpengaruh pada bidang telekomunikasi. Kecepatan angin yang merupakan akibat dari proses-proses yang terjadi di atmosfer atau lapisan udara bisa mempengaruhi lapisan ionosfer yang mengandung partikel-partikel ionisasi dan bermuatan listrik dimana dengan adanya lapisan ionosfer ini kita bisa mendengarkan siaran radio/menonton televisi.
# BIDANG PARIWISATA
Kecepatan angin, banyaknya cahaya matahari, cuaca cerah, serta udara yang sejuk/panas/kering sangat mempengaruhi pelaksanaan wisata, baik wisata darat maupun laut. Dengan cuaca dan iklim yang bersahabat serta kecepatan angin yang sedang maka pelaksanaan wisata akan semakin dinikmati
# BIDANG PERTANIAN
Kecepatan angin yang ideal adalah 19-35 km/jam. Pada keadaan kecepatan angin yang tidak kencang, serangga penyerbuk bisa lebih aktif membantu terjadinya persarian bunga. Sedangkan pada keadaan kecepatan angin  kencang, kehadiran serangga penyerbuk menjadi berkurang sehingga akan berpengaruh terhadap keberhasilan penangkaran benih.

Pentingnya mengetahui kecepatan angin

Seiring berkembangnya jaman , untuk mengetahui kecepatan angin pun sangat mudah dilakukan tanpa perlu repot-repot melakukan penelitian dengan banyak orang padahal hasilnya pun belum tentu benar dan akurat .

anemometer

 

yap! seperti alat-alat di atas lah , contoh-contoh alat pengukur kecepatan angin yang cukup akurat, biasanya tidak hanya mengukur kecepatan anginnya saja , tetapi suhu, temperature , titik embun dan semua data tersebut bisa di simpan dan di jadikan grafik langsung atau ada juga yang bisa langsung mengupload otomatis data yang di terima saat alat berfungsi langsung jadi grafik di salah satu website tertentu . canggih bukan ? 🙂

Tinggalkan Balasan