Pengertian, Jenis-jenis dan Contoh Produk Thickness Meter

Pengertian, Jenis-jenis dan Contoh Produk Thickness Meter

Pengertian Thickness Meter

Thickness tester merupakan alat yang khusus digunakan untuk mengukur ketebalan permukaan suatu benda. Alat ukur ini adalah sebuah alat ukur digital yang dirancang untuk pengukuran ketebalan. Thickness tester ini banyak digunakan untuk mengukur ketebalan lapisan cat, besi, kaca atau bahan padat lainnya.

Alat ukur ketebalan yang dimaksudkan disini sudah profesional dengan bentuk alat yang praktis dan didesain untuk pengukuran lapisan non destruktif, yang mampu melakukan pengukuran dengan cepat dan tepat dengan pengukuran ketebalan yang presisi.

Alat ukur ketebalan / Thickness meter biasanya digunakan oleh pelaku bisnis yang bergerak dibidang konstruksi, jasa pemeliharaan fasilitas industri dan berbagai bidang lainya yang memerlukan pengukuran ketebalan.

Berdasarkan pengaplikasian serta kegunaan utamanya thickness meter terbagi menjadi dua jenis yaitu Coating Thickness Meter dan Ultrasonic Thickness Gauge. Berikut penjelasannya :

  1. Coating Thickness Meter
    Coating thickness meter adalah sebuah alat pengukur ketebalan yang digunakan khusus untuk mengukur ketebalan lapisan / coating pada suatu permukaan benda (biasanya berupa logam) baik yang memiliki sifat ferrous maupun yang bersifat non-ferrous.
    Coating thickness meter banyak diaplikasikan untuk mengukur ketebalan lapisan cat pada mobil, tabung gas, dan aplikasi lainya. Alat pengukur ini juga dapat digunakan untuk mengukur ketebalan galvanis, lapisan krum pada proses amodizing dan dalam pengukuran ketebalan lapisan pada bahan sejenis lainnya.

Coating Thickness Gauge merupakan alat yang sangat penting yang digunakan dalam aplikasi industri, terutama untuk mengukur lapisan suatu material. Ketebalan produk dapat diketahui sehingga produk yang diukur akan selalu terpelihara sesuai dengan standar yang telah ditentukan kualitasnya. Coating Thickness gauge adalah salah satu solusi dalam menjaga kualitas produk industri terkait dengan pengukuran ketebalan.

2. Ultrasonic Thickness Gauge

Thickness meter ini adalah sebuah alat ukur ketebalan yang digunakan untuk mengukur ketebalan benda padat seperti besi, kaca, aluminium, bahan plastik, plat, pipa baja, besi PE dan berbagai jenis benda padat lainnya yang memiliki daya hantar gelombang ultrasonic yang bagus.
Ultrasonic thickness gauge banyak dgunakan pada industri industri perminyakan / kilang minyak untuk mengukur ketebalan tabung penyimpanan untuk mengetahui apakah terjadi korosi atau tidak yang dilihat dari ketebalannya.

Ultrasonic Thickness Gauge sangat penting untuk mengetahui seberapa tebal suatu benda atau material. Kemudahan menggunakan alat ukur ketebalan ini memberikan durability dan efektifitas karena beberapa tipe bersifat portable sehingga memberikan efisiensi waktu dan praktis dalam mengaplikasikannya.

Beberapa contoh produk Thickness meter :

1.Coating Thickness Meter TT270

Alat ukur ketebalan ini digunakan untuk menguji tebal tipisnya lapisan pada semua benda magnetik atau nonmagnetik yang menempel pada benda tersebut. Misalnya mengukur ketebalan lapisan cat ataupun mengukur lapisan lainnya.

2.Ultrasonic Thickness Gauge TM-8816

TM-8816 ini sudah dilengkapi dengan teknologi mikroprossesor circuit komputer LSI dan crystal time base yang menjamin tingkat presisi, waktu pengukuran dan response time yang lebih cepat, dan menjamin tingkat akurasi yang paling tinggi.

3.Alat Ukur Ketebalan Aluminium Foil Type TA203

TA203 merupakan alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan material yang digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kemasan flexible, antara lain film plastic, selopan, aluminium foil dan kertas.

Demikianlah seputar ulasan mengenai thickness meter, jika anda membutuhkan alat ukur thickness meter anda dapat mengunjungi website/tempat yang jual thickness meter atau hubungi kami .  Ukurkadarair.com merupakan salah satu website perusahaan distributor resmi yang menyediakan alat ukur thickness meter dengan produk-produk alat ukur dengan berbagai kategori yang telah terbukti kualitasnya.