Lakmus pH meter akankah punah ?

Lakmus pH meter akankah punah ?

LAKMUS

 

Lakmus pH meter akankah punah ?

Saya sendiri mengetahui sebuah kegunaan lakmus ini di mulai dari kelas 11 atau kelas 2 SMA , saya mulai mempelajarinya walaupun sampai sekarangpun ilmu saya masih cetek hehe .. seiring dengan perkembangan jaman , ph di ukur dengan alat ph meter yang portabel dan bisa beberapa kali pakai sedangkan lakmus satu alat tetapi hanya dengan satu kali pakai saja .

Lakmus mempunyai teknis kerja mudah dan cepat membaca, rata-rata mengukur rentang 0-14pH dengan 4 warna berisi 100 strip Per Box.

Lakmus adalah suatu kertas dari bahan kimia yang akan berubah warna jika dicelupkan kedalam larutan asam atau basa. Warna yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh kadar pH dalam larutan yang ada. Warna kertas lakmus dalam larutan asam, larutan basa, dan larutan bersifat netral berbeda. Ada dua macam kertas lakmus, yaitu lakmus merah dan lakmus biru. Sifat dari masing-masing kertas lakmus tersebut sebagai berikut:

Lakmus merah dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan basa berwarna biru dan dalam larutan netral berwarna merah.
Lakmus biru dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan basa berwarna biru dan dalam larutan netral berwarna biru.
Metil merah dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan basa berwarna kuning dan dalam larutan netral berwarna kuning.
Metil Jingga dalam larutan asam berwarna merah dan dalam larutan basa berwarna kuning dan dalam larutan netral berwarna kuning.
Fenolftalin dalam larutan asam akan tidak berwarna dan dalam larutan basa berwarna merah ungu dan dalam larutan netral akan tidak berwarna.

Dengan harga yang lebih mahal sedikit , anda mempunyai ph meter yang bisa beberapa kali pakai dilengkapi dengan jaminan keamanan dan keakuratannya dengan ketentuan masing-masing penjual . ph meter memang lebih mahal , tetapi lebih simpel dan lebih mudah di pakai, tidak terlalu menguras banyak waktu untuk menunggu .

Lakmus pH meter akankah punah ?

lakmus ph meter akankah punah ?? mungkin itu pertanyaannya , jika sampai dengan saat ini penjual alat-alat laboratorium saja merasakan betapa cepatnya penjualan ph meter tersebut jika dibandingkan dengan lakmus ph , karena sampai dengan saat ini belum ada kelebihan yang menonjol dari lakmus ph meter dibandingkan dengan digital ph meter yang sudah tersedia di toko-toko terdekat . Mungkin saja malah kelebihannya lakmus ph meter sudah jarang ditemui , maka di jadikan sebuah benda langka hehe 🙂

Tinggalkan Balasan