Kegunaan Teknologi Stroboskop dalam Berbagai Bidang

Kegunaan Teknologi Stroboskop dalam Berbagai Bidang

dt2240b

Kegunaan Teknologi Stroboskop dalam Berbagai Bidang

 Kesehatan & Keselamatan dan Catatan teknis


Jika motor pecahan-tenaga kuda (Fracmo) digunakan dalam kegiatan ini, berhati-hati untuk menghubungkan lapangan (stator) dan kumparan armature (rotor) kumparan sebelum menghubungkan kedua ke catu daya.Koneksi ini tidak boleh diubah saat motor sedang berjalan.

Mengarah digunakan untuk menghubungkan motor harus dilengkapi dengan 4 mm colokan memiliki kafan bermunculan (lihat label peringatan tertutup dengan mereka).

Foto-induced epilepsi
Dalam semua pekerjaan dengan lampu berkedip, guru harus menyadari setiap siswa menderita foto-induced epilepsi. Kondisi ini sangat jarang terjadi. Namun, membuat penyelidikan sensitif dari setiap epilepsi diketahui untuk melihat apakah serangan yang pernah dikaitkan dengan lampu berkedip. Jika demikian, siswa dapat diajak untuk meninggalkan laboratorium atau perisai / matanya nya yang dianggap dianjurkan. Hal ini tidak praktis untuk menghindari rentang frekuensi berbahaya (7 sampai 15 Hz) dalam percobaan ini.

Guru di sekolah dipelihara harus memeriksa untuk melihat apakah atau tidak mereka Otoritas Pendidikan Lokal telah memberikan panduan khusus mengenai hal ini.

Baca bimbingan kesehatan & keselamatan standar kami

Disk berputar berwarna hitam, dicat dengan panah putih.

Sumber cahaya kompak memiliki 8A unit daya tegangan rendah.

Retort berdiri dan bos diperlukan untuk kedua lampu dan stroboscope.
Stroboscope Xenon diperlukan untuk salah satu eksperimen.


Untuk menjelaskan prinsip mengukur frekuensi dengan stroboscop

Mulailah dengan mengayunkan lengan Anda perlahan-lahan putaran dalam lingkaran vertikal yang besar.
Mintalah siswa untuk menutup mata mereka dan untuk membukanya sebentar setiap kali Anda mengatakan ‘sekarang’, sekali setiap revolusi. Siswa akan melihat lengan Anda setiap kali di posisi yang sama.

Kemudian mengatakan ‘sekarang’ sekali setiap dua revolusi sehingga mereka melihat hal yang sama tapi kurang sering.
Akhirnya, mengatakan ‘sekarang’ setiap setengah revolusi sekali, sehingga mereka melihat lengan Anda dalam dua posisi.

Anda dapat menemukan frekuensi rotasi dari jumlah maksimum rotasi dari stroboscope per detik, yang menunjukkan lengan Anda beku hanya dalam satu posisi; lebih posisi dan stroboscope berubah terlalu cepat.

Meringkas: kecepatan yang benar rotasi adalah kecepatan tertinggi yang ‘berhenti’ objek. Frekuensi rotasi maka jumlah rotasi dari stroboscope per detik dikalikan dengan jumlah celah di stroboscope. Jika frekuensi flash sehingga n gambar diam terlihat maka kecepatan rotasi yang diukur akan N = (kecepatan berkedip per menit) / n. (Terima kasih kepada Manoj Chouksey yang menyarankan kami menyertakan kalimat ini.)

Siswa mengukur frekuensi
Gunakan motor untuk menggerakkan disk dicat hitam dengan panah putih, pada 25-30 putaran per detik.

motor untuk menggerakkan disc hitamSiswa harus mampu memutar stroboskop mereka pada kecepatan yang benar. Jumlah celah lewat mata per detik (12 sekilas per rotasi dikalikan dengan jumlah rata-rata rotasi per detik) adalah sama dengan jumlah putaran per detik dari disk.

Metode lain – nyala dengan cahaya
Hitam keluar ruangan dan menggunakan lampu dengan filamen kecil yang sangat terang untuk menerangi disc motor-driven.

Hitam keluar kamar dan penggunaan lampu

Tempatkan lensa konvergen membentuk bayangan nyata dari filamen lampu pada disk stroboscope.
Sekarang memutar disc stroboscope, sehingga berkedip pada disk berputar pada tingkat yang ‘berhenti’ gerakan panah.
Hal ini menunjukkan metode alternatif untuk berputar stroboscope di depan mata.

Siswa mengukur frekuensi listrik menggunakan stroboscope xenon
Mengatur lampu neon besar di listrik AC. Lakukan percobaan ini di siang hari sehingga lampu terlihat bahkan ketika cahaya neon tidak.

Secara bertahap meningkatkan laju flashing dari stroboscope xenon, sampai lampu tampaknya selalu menjadi ‘on’. Ini akan menjadi dua kali induk frekuensi, yaitu 100 per detik, sebagai lampu lampu dengan masing-masing pulsa tegangan.


Menggunakan stroboscopeJika seorang siswa tidak dapat melihat gerakan berhenti, Anda dapat membantu dia / dia dengan bekerja stroboscope, melihat melalui satu sisi sementara s / ia terlihat melalui lainnya.

Stroboskop tangan sulit untuk mengubah pada kecepatan tinggi dan rendah. Untuk menunjukkan efek mengubah stroboscope pada kecepatan setengah, dan dua kali dan tiga kali kecepatan yang benar, Anda akan perlu untuk menjalankan motor pada kecepatan yang berbeda. Selanjutnya, pada kecepatan rendah panah putih menjadi sangat menyebar keluar dan tidak jelas, khususnya di tepi disc di mana ia bepergian cepat.

Sangat mudah untuk memutar stroboscope pada kecepatan yang salah ketika pengukuran yang diambil:

  • Disc pada 15 putaran per detik

Sulit untuk mengubah stroboscope 12-celah cukup perlahan untuk melihat panah stasioner tunggal. Tetapi jika stroboscope dipercepat sampai dua kali lebih cepat, tiga kali lebih cepat, dan bahkan empat kali lebih cepat, pola stasioner terlihat.

  • Disc pada 50 putaran per detik

Revolusi

Ini mungkin untuk ‘berhenti’ gerakan panah dengan memutar stroboscope pada kecepatan yang benar, pada kecepatan setengah ini, dan pada sepertiga kecepatan ini. Ini tidak, bagaimanapun, mungkin untuk memeriksa bahwa tertinggi tiga kecepatan ini adalah kecepatan yang benar – terlalu sulit untuk memutar stroboscope cukup cepat untuk mendapatkan pola ‘dua kali-sebagai-cepat’.

Kegunaan Teknologi Stroboskop dalam Berbagai Bidang

Beberapa contoh untuk diskusi atau investigasi mahasiswa:

1 Wagon roda di layar bioskop.

2 Sebuah layar bioskop sendiri melalui stroboscope a.

3 pencahayaan Fluorescent atau penerangan jalan melalui stroboscope (menghitung frekuensi akan membutuhkan stroboscope tangan 24-celah.)

4 turntable Hi-fi (untuk kuno rekaman vinyl) berubah relatif lambat. Beberapa model memiliki sejumlah besar bar putih radial ditandai dekat keliling. Ketika kecepatan benar, setiap batang bergerak ke depan satu tempat untuk setiap flash dari lampu listrik (100 flashes / detik).

5 Sebuah fan dengan beberapa pisau dapat ‘berhenti’ dengan berbagai kecepatan stroboscope. Jika salah satu blade memiliki penanda putih, bagaimanapun, menjadi jelas bahwa banyak dari kecepatan ini tidak memberikan kecepatan yang sebenarnya dari kipas angin.

6 Perhatikan roda belakang sepeda terbalik melalui stroboscope. Banyak kecepatan stroboscope muncul untuk menghentikan roda jika jari-jari mirip.