Indonesia Menurunkan 5 Kapal untuk Pencarian Malaysia Airlines

Indonesia Menurunkan 5 Kapal untuk Pencarian Malaysia Airlines

malaysia

Seperti yang sudah di kutip di kompas , Indonesia turut turun tangan membantu pencarian pesawat terbang Malaysia Airlines MH370. Walaupun malaysia dan indonesia sempat mempunyai masalah, tetapi atas duka yang mendalam ini indonesia ikut bergotong royong untuk mencari keberadaan malaysia airlines . Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Herman Prayitno, menyatakan, Indonesia akan mengirimkan lima kapal untuk membantu pencarian pesawat yang tidak kunjung ditemukan hingga saat ini.

“Jakarta telah memberi tahu saya bahwa Indonesia akan mengirimkan lima kapal untuk membantu Pemerintah Malaysia karena daerah pencarian akan diperluas,” kata Herman sebagaimana dikutip¬†New Straits Times, Minggu (9/3/2014). Ia mengatakan, TNI Angkatan Laut (AL) Indonesia telah berkomunikasi dengan AL Malaysia untuk menentukan di manakah kapal Indonesia akan diposisikan untuk pencarian.

Herman mengatakan telah menempatkan tiga staf Kedutaan Indonesia di Bandara Internasional Kuala Lumpur untuk memantau perkembangannya dari dekat. KBRI di Malaysia juga telah menghubungi keluarga tujuh warga negara Indonesia yang menumpang pesawat itu. Keluarga dari Firman Chandra Siregar dan pasangan suami-istri Sugianto Lo dan Vinny Chynthyatio telah diberangkatkan ke Kuala Lumpur. Adapun keluarga penumpang lain masih menunggu di Indonesia.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terus melakukan pemantauan perkembangan insiden ini. Presiden juga meminta seluruh warga negara Indonesia di mana pun mereka berada untuk mendoakan 239 penumpang pesawat tersebut. “Indonesia akan terus membantu dan memberikan dukungan fisik maupun moral,” kata Herman.

Pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines itu bertolak dari Kuala Lumpur pada Sabtu (8/3/2014) pukul 00.41 waktu setempat dan hilang kontak pada pukul 02.40. Sesuai jadwal, pesawat seharusnya mendarat di Beijing pukul 06.30 waktu setempat pada hari yang sama.

Data paling mutakhir menunjukkan bahwa pesawat itu membawa 239 penumpang. Dari jumlah tersebut, 153 penumpang adalah warga negara China. Ada pula 38 penumpang warga negara Malaysia dan tujuh warga negara Indonesia.

Upaya pencarian terus dilakukan dengan bantuan lintas negara, mulai dari Vietnam, Indonesia, dan China. Hingga kini, belum diketahui penyebab hilangnya kontak pesawat tersebut. semoga di beri kelancaran dalam pencarian , dan diberi kesabaran untuk anggota keluarga salah satu penumpang malaysia airlines .

Tinggalkan Balasan