Hubungan konduktivitas dengan kualitas air yang baik

Hubungan konduktivitas dengan kualitas air yang baik

airr

Hubungan konduktivitas dengan kualitas air yang baik

 

Konduktivitas/conductivity adalah sering disebut juga daya hantar listrik (DHL) maksudnya adalah gambaran numeric dari kemampuan air untuk meneruskan listrik.
Senyawa organic adalah penghantar listrik (konduktor) yang baik, sedangkan senyawa anorganic adalah penghantar listrik yang lemah.
Kemampuan air untuk menghantarkan arus listrik yang dinyatakan dalam Umhos/cm (Us/Cm)
Dalam arti lain, conduktivity adalah kemampuan menghantarkan panas, listrik dan suara. semua logam kebanyakan penghantar yang baik karena terdiri dari electro-electron.
Air murni atau air yang bagus adalah air yang sulit dalam menghantarkan atau mengalirkan listrik.

Nilai konduktivitas pada air minum dalam kemasan menunjukkan adanya mineral-mineral seperti magnesium flour, natrium dan calsium,
mineral ini tidak dihilangkan karena baik bagi kesehatan, dapat membantu proses-proses metabolisme dalam tubuh (cari sendiri fungsi masing-masing mineral di atas bagi metabolisme tubuh yaaa), serta dari segi sensorisnya dapat memberi rasa kesegaran.
namun demikian, jika lebih dai 250mS dikhawatirkan dapat merusak ginjal, sebab mineral yang tidak dipakai oleh tubuh nantinya akan diolah oleh ginjal, dapat mengendap dan menghasilkan batu ginjal.

Hubungan konduktivitas dengan kualitas air yang baik

fakta baiknya:
– yang memiliki nilai konduktivitas tinggi seperti itu umumnya hanya terdapat di daerah pegunungan, jadi jangan khawati kelebihan mineral dalam tubuh
– konsumsi mineral dalam tubuh tinggi, sehingga kondisi kelebihan mineral, hampir-hampir tidak mungkin terjadi. penyakit batu ginjal umumnya terjadi karena konsumsi bahan pangan sintetis yang tidak dapat diolah oleh ginjal dan akhirnya mengendap.
– air bermineral sehat bagi tubuh, terbukti dengan maraknya produksi minuman-minuman air mineral dan isotonik

fakta lain:
– air minum dalam kemasan tidak lebih kotor dibanding air sumur atau air RO
– sterilisasi air RO sepertinya hanya dari UV light treatment, hal itu masih kurang efektif untuk membunuh bakteri, sebab UV biasanya digunakan hanya untuk sterilisasi alat, sebab daya jangkau sinarnya yang terbatas

jadi jangan mudah tertipu oleh promosi air minum isi ulang yaaa…
bukan berarti saya mengklaim air minum isi ulang yang dipromosikan tersebut tidak baik, tapi alangkah baiknya kalau kita brhati-hati..
dan jangan percaya begitu saja atas klaim yang menjelek-jelekkan air minum dalam kemasan lain, hati-hati jadi fitnah, sebab kalau dipikir-pikir pun air minum dalam kemasan tidak akan dipasarkan jika tidak lolos standar, dan stadar SNI juga bukan standar asal yang dibuat oleh anak TK..
tidak salah kan berfikir cerdas untuk kesehatan tubuh

Jika Anda membutuhkan atau mencari alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur dan menguji kualitas air, Anda bisa mengunjungi halaman kategori alat uji kualitas air.