Besarnya Pengaruh Kualitas Udara

Besarnya Pengaruh Kualitas Udara

udara kotor

Besarnya Pengaruh Kualitas Udara

Sudah kita sangat ketahui bahwa kuallitas udara sangat berpengaruh untuk kesehatan masyarakat yang akan menggangu kegiatan masyarakat itu sendiri, sehingga nilai produktivitas berlahan-lahan turun karena adanya gangguan pada kualitas udara tersebut . Sangat berbeda dengan udara dengan kualitas yang baik , akan menambah produktivitas dan semangat .

udara bersih

Besarnya Pengaruh Kualitas Udara

Apa saja sih pengaruh kualitas udara yang buruk ? segera saya jelaskan di bawah ini :

Hewan dan tumbuhan
Kelembaban adalah salah satu dasar faktor abiotik yang mendefinisikan habitat apapun, dan merupakan penentu yang hewan dan tumbuhan dapat berkembang dalam suatu lingkungan tertentu.

Tubuh manusia membuang panas melalui keringat dan penguapan nya. konveksi panas ke udara sekitar, dan radiasi termal adalah mode utama transportasi panas dari tubuh. Dalam kondisi kelembaban tinggi, tingkat penguapan keringat dari kulit berkurang. Juga, jika suasana hangat seperti atau lebih hangat dari kulit pada saat kelembaban tinggi, darah dibawa ke permukaan tubuh tidak dapat mengusir panas oleh konduksi ke udara, dan kondisi yang disebut hiperpireksia hasil. Dengan begitu banyak darah pergi ke permukaan eksternal tubuh, relatif kurang aktif pergi ke otot , yang otak , dan internal lainnya organ . kekuatan fisik menurun, dan kelelahan terjadi lebih cepat daripada itu akan sebaliknya. Kewaspadaan dan kapasitas mental juga mungkin akan terpengaruh, mengakibatkan serangan panas atau hipertermia .

Kenyamanan manusia 
Manusia peka terhadap udara lembab karena tubuh manusia menggunakan pendinginan menguapkan sebagai mekanisme utama untuk mengatur suhu. Dalam kondisi lembab, tingkat di mana keringat menguap pada kulit lebih rendah dari itu akan dalam kondisi kering. Karena manusia merasakan laju perpindahan panas dari tubuh daripada suhu itu sendiri, kita merasa hangat ketika kelembaban relatif tinggi daripada saat rendah.

Beberapa orang mengalami kesulitan bernapas di lingkungan kelembaban tinggi. Beberapa kasus mungkin dapat berhubungan dengan kondisi pernapasan seperti asma , sementara yang lain mungkin menjadi produk dari kecemasan . Penderita akan sering hiperventilasi respon, menyebabkan sensasi mati rasa , pingsan , dan kehilangan konsentrasi, antara lain.

AC mengurangi ketidaknyamanan di musim panas tidak hanya dengan mengurangi suhu, tetapi juga dengan mengurangi kelembaban. Di musim dingin, pemanas udara luar dingin dapat menurunkan tingkat kelembaban relatif dalam ruangan di bawah 30%, menyebabkan ketidaknyamanan seperti kulit kering dan haus yang berlebihan.

Elektronik 
Banyak perangkat elektronik memiliki spesifikasi kelembaban, misalnya, 5% sampai 95%. Di ujung atas kisaran, kelembaban dapat meningkatkan konduktivitas permeabel isolator yang menyebabkan kerusakan. Kelembaban terlalu rendah dapat membuat bahan rapuh. Bahaya khusus untuk barang-barang elektronik, terlepas dari menyatakan rentang kelembaban operasi, adalah kondensasi . Ketika barang elektronik dipindahkan dari tempat yang dingin (misalnya garasi, mobil, gudang, ruang udara di daerah tropis) ke tempat lembab hangat (rumah, tropis luar), kondensasi mungkin papan sirkuit mantel dan isolator lainnya, yang mengarah ke singkat sirkuit di dalam peralatan. Sirkuit pendek tersebut dapat menyebabkan kerusakan permanen besar jika peralatan dihidupkan sebelum kondensasi telah menguap . Efek kondensasi yang sama sering dapat diamati ketika seseorang memakai kacamata datang dari dingin (yaitu kacamata menjadi berkabut).  Dianjurkan untuk memungkinkan peralatan elektronik untuk menyesuaikan diri selama beberapa jam, setelah dibawa dari dingin, sebelum menyalakan. Beberapa perangkat elektronik yang dapat mendeteksi perubahan tersebut dan menunjukkan, ketika ditancapkan dan biasanya dengan simbol droplet kecil, bahwa mereka tidak dapat digunakan sampai risiko dari kondensasi telah berlalu. Dalam situasi di mana waktu sangat penting, meningkatkan aliran udara melalui internal perangkat ketika, seperti menghapus panel samping dari kasus PC dan mengarahkan kipas untuk meniup ke dalam kasus ini akan mengurangi secara signifikan waktu yang dibutuhkan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Sebaliknya, tingkat kelembaban yang sangat rendah nikmat build-up dari listrik statis , yang dapat mengakibatkan penutupan spontan dari komputer ketika debit terjadi. Terlepas dari fungsi menentu palsu, debit elektrostatik dapat menyebabkan kerusakan dielektrik dalam perangkat solid state, yang mengakibatkan kerusakan permanen. pusat data sering memonitor tingkat kelembaban relatif untuk alasan ini.

Konstruksi bangunan
Metode konstruksi umum yang sering menghasilkan bangunan kandang dengan batas termal miskin, isolasi sistem penghalang dan udara yang dirancang untuk mempertahankan kondisi lingkungan dalam ruangan sambil menolak kondisi lingkungan eksternal. The hemat energi, berat-disegel arsitektur diperkenalkan pada abad ke-20 juga disegel off gerakan kelembaban, dan hal ini mengakibatkan masalah sekunder dari kondensasi membentuk di dalam dan sekitar dinding, yang mendorong perkembangan jamur dan lumut. Selain itu, bangunan dengan pondasi tidak tertutup dengan benar akan memungkinkan air mengalir melalui dinding akibat aksi kapiler dari pori-pori yang ditemukan dalam produk batu. Solusi untuk bangunan hemat energi yang menghindari kondensasi adalah topik saat ini arsitektur.