Asal Usul dan Manfaat Batu Akik

Asal Usul dan Manfaat Batu Akik

batuakik

Asal Usul dan Manfaat Batu Akik

Maraknya informasi batu akik di negara tercinta kita ini sangat membuat pertanyaan , ada apa ??? dan kenapa ?? dengan tiba-tiba batu akik menjadi sangat buming sampai pelosok, terutama pertanyaan pada manfaatnya , dilansir oleh Sosiolog UGM dan menurut islam manfaat batu akik adalah sebagai berikut :

  1. Manfaat batu akik sendiri menurut Sosiolog Universitas Gadjah Mada Derajad S. Widhyharto batu mulia menyimpan banyak pesan dan makna sosial yang cukup beragam, batu mulia atau batu akik memberi pesan dan makna sebagai perhiasan, pemberi kekuatan, tingkatan spiritualitas, daya mistis, penolak bala, pemberi ketenangan jiwa maupun identitas kehidupan sosial lainnya.
  2. Manfaat batu akik menurut Islam , memakai cincin dinilai memiliki sejumlah manfaat bagi kehidupan, keberkahan dan dianjurkan dipakai saat-saat berdoa atau ibadah.  Dikutip dari situs nu.co.id, dalam fatawi Ibnu Hajar al-Haytami al-Kubra dijelaskan bahwa ada beberapa hadist yang menjelaskan mengenai hikmah memakai cincin dengan batu akik yang bisa mendatangkan kerbakahan dan menghindarkan dari kefaqiran. Rasulullah Saw bersabda: “Pakailah cincin Akik, sesungguhnya selama kalian memakai cincin akik maka kesedihan dan kegalauan tidak akan masuk dalam hati kalian.” (Rujuk kitab Uyun Akhbar Al-Ridho 2/47. Wasail 5/86. Makarimul Akhlak hal 87. Sahifah Al-Ridho hal 62).   Seorang sahabat Rasulullah Saw berkata: “Pada suatu hari seorang lelaki menghadap Nabi Saw dan mengeluh tentang perampokan di tengah perjalanan dan lenyapnya seluruh hartanya. Beliau bersabda: mengapa kau tidak memakai cincin Akik? Maka sesungguhnya cincin akik akan menjaga manusia dari segala keburukan.” (Rujuk kitab Tsawabul Amal hal 174. Jamiul Akhbar hal 134. Iddah Al-Da’i hal 118. Wasail 5/89)  Sayidah Fatimah Az-Zahra as menukil hadis dari Rasulullah Saw yang bersabda: “Barang siapa memakai cincin akik, maka dia akan selalu melihat kebaikan.” (Rujuk kitab Al-Amali hal 311. Wasail 5/88)  Rasulullah Saw bersabda: “Orang yang memakai cincin Akik maka nasibnya akan berakhir dengan baik.” (Rujuk kitab Da’aimul Islam 2/164. Mustadrak 3/295) . Bila merujuk pada anjuran Rasullullah di atas, bukan tak mungkin kebiasaan memakai batu akik khususnya di kalangan muslim yamerupakan warisan turun temurun dari Rasullullah.

Asal Usul dan Manfaat Batu Akik

akikcombong

Khasiat dan manfaatnya pun ada yang membedakan dari bentuk bahkan warnanya, inti dari semua pendapat tentang batu akik ialah sama, batu akik adalah batu pembawa keberuntungan atau batu tolak bala yang akan menjaga bagi si pemakai, pantas saja sekarang banyak yang memakainya karena informasi batu pembawa keberuntungan tersebut merambat dari telinga ke telinga yang lain .

NB : Batuan mulia merupakan anggota elite dari mineral alam. Disebut elite karena dari sekitar 3.000 jenis mineral di Bumi, hanya terdapat 150-200 yang bisa digolongkan jenis batu mulia.